07 November 2020 Prakerja/JKP
TONGAM SITORUS, S. Pd

Tips belajar TOEFL


Tips belajar TOEFL


1. Luangkan Minimal 2 Jam Sehari

Kedengarannya bukan hal sulit kan? Kalau kamu bekerja atau sekolah maka jadwalkan waktu belajar sesuai mood terbaikmu (siang, pagi, atau malam). Dalam seminggu, bagilah jadwal per 2 hari untuk Listening, Reading, dan Structure (Grammar). Nah, pada hari ketujuh kamu bisa melakukan scoring untuk evaluasi.


2. Mengumpulkan Latihan Soal

Jika kamu belum aktif mengikuti kelas kursus TOEFL preparation, jangan khawatir. Kamu bisa pilih sumber belajar yang sesuai kenyamananmu. Bisa dari buku latihan soal TOEFL pinjaman atau beli sendiri, atau dari website online yang menyediakan soal latihan gratis. Semakin sering kamu berlatih, semakin mudah mengerjakan TOEFL.


3. Perbanyak Vocabulary

Sering kali mungkin kamu mendengar pertanyaan, “Dari mana saya harus mulai?” untuk memperkaya vocab. Sebenarnya, kamu tak harus membayangkan cara pelik yang justru akan membatasi. Mulai saja dari contoh soal Reading TOEFL. Berlatih menerjemahkan passages membantu memperkaya vocab sekaligus memahami artinya, bukan sekadar menghafal.


4. Pelajari Kelas Kata Dasar

Mempelajari kelas kata (part of speech) bahasa Inggris seperti verb, adverb, noun, dan sebagainya bisa membantu memperlancar saat mengerjakan soal Structure. Sekarang ini kamu bisa meng-Google sumber online yang menyediakan materi tentang structure.


5. Cara Mudah Belajar Listening: Nonton Film atau Dengar Lagu

Nonton film dan mendengarkan lagu, dua aktivitas santai yang menyenangkan, kan? Kamu tak hanya bisa menghibur diri tetapi juga mengasah kemampuan Listening. Kamu bisa menyimak conversation dalam film berbahasa Inggris, yang adalah cara penyampaian soal Listening. Jika daya konsentrasimu cukup bagus, coba mencatat lirik sebuah lagu selagi lagunya diputar, atau mendengarkan e-book.


Dikutip dari edupacindonesia.com